Sabtu, 15 Januari 2011

profesi kependidikan


Hakekat Profesi Kependidikan

            Tenaga kependidikan adalah orang - orang berkecimpung dengan peserta didik dan peduli dengan masalah-masalah kependidikan serta memiliki tugas dan wewenang tertentu di bidang kependidikan sesuai dengan pereturan yang berlaku.
Berdasarkan Peraturan Pemerintah no 38/1992 pasal 1 dijeaskan bahwa yang dimaksud dengan tanaga kependidikan adalah :
Ayat 1: Tenaga kependidikan adalah anggota masyarakat yang mengabdikan diri secara langsung dalam penyelenggaraan pendidikan.
Ayat 2 : Tenaga pendidik adalah tenaga kependidikan yang bertugas membimbing,mengajar, dan meatih peserta didik.
Ayat 3 : Terjrlaskan bahwa tenaga kependidikan adalah tenaga pendidik yang bertugas utama membimbing peserta didik.
Ayat 4 : Tenaga pengajar adalah pendidik yang bertugas utama mengajar peserta didik.
Ayat 5 : Tenaga pelatih adalah tenaga pendidik yang bertugas utama melatih peserta didik.
Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 38 / 1992 pasal 3 menjelaskan tentang jenis tenaga kependidikan terdiri atas :
Ayat 1 : Tenaga kependidikan terdiri atas tenaga pendidik, pengelola satuan pendidikan, pemilik, pengawas, peneliti, dan pengembang di bidang pendidikan, pustakawan, laboran, teknisi sumber belajar, dan penguji
Ayat 2 : Tenaga pendidik terdiri atas pembimbing, pengajar, dan pelatih.
Ayat 3 : Pengelola satuan pendidikan terdiri atas kepala sekolah, direktur, rektor.
            Dalam ke dua pasal tersebut jelas bahwa tenaga kependidikan adalah orang - orang memiliki tugas dan wewenang tertentu di bidang pendidikan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Artinya seorang yang disebut berprofesi sebagai tenaga kependidikan adalah mereka yang bertugas sebagai guru, pembimbing, pelatih, pengelola satuan pendidikan, pemilik, pegawas, peneliti dan pengembang di bidang pendidikan, pustakawan, laboran, teknisi sumber belajar, dan penguji, dimana tugas, wewenang, tanggung jawab dan keberadaan mereka diakui sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
JENIS - JENIS PROFESI
Profesi kependidikan adalah segala profesi yang berhubungan dengan pekerjaan yang sifatnya mendidik.
jenis-jenis profesi kependidikan diantaranya adalah : guru, dosen,kepala sekolah,konselor,instruktur,pembimbing,pengelola,administrator sekolah. Jenis-jenis pekerjaan yang terlibat dalam dunia pendidikan itu sudah di golongkan ke dalam pekejaan profesional, walaupun status profesional tenaga kependidikan tersebut belum setua profesi dokter atau pengacara.
Tukang becak termasuk pekerjaan bukan profesi. profesi membutuhkan keahlian khusus, sedangkan menjadi tukang becak tidak dituntut keahlian atau kemahiran dalam bidangnya,dengan kata lain semua orang bisa menjadi tukang becak. Sedangkan profesi membutuhkan keahlian khusus pada bidangnya.
Tenaga-tenaga kependidikan yang profesional adalah tenaga kependidikan yang sesuai dengan pendidikan khusus yang telah dilaluinya untuk mencapai kinerja yang bermutu. Jadi guru tidak hanya dianggap sebagai angkatan jenis pekerjaan yang biasa tetapi statusnya sudah mencapai tingkat profesional yang telah mengangkatnya ke peringkat yang paling atas diantara strata sosial dimasyarakat maju seperti di USA, AUSTRALIA, RUSIA. Untuk mencapai tingkat profesinal maka tenaga-tenaga pendidik tersebut harus dipersiapkan dengan pendidikan dan latihan khusus

golongan pekerjaan berdasarkan golongannya :

1. Pekerjaan kasar (manual laborer)
2. Petani atau buruh tani (farmer atau farmlaborer)
3. Pekerja Jasa (service)
4. Manajer (managerial)
5. Profesional

Selain itu ada juga yang menggolongkan pekerjaan ke dalam golongan berikut ini :

1. Unskilled laborer
2. Semi skilled laborer
3. Skilled laborer
4. Semi profesional
5. Profesional

Ke dua jenis penggolongan pekerjaan itu di golongkan ke dalam golongan tingkat yang sederhana ke tingkat pekerjaan yang paling tinggi da terlihat dari penggolongan tersebut bahwa tingkat yang paling tinggi adalah golongan pekerjaan profesional. Dalam lingkungan masyarakat, kehadiran guru susah lama dikenal namun akan tetap dibutuhkan, apalagi dalam kegiatan mendidik anak di jaman modern ini, orang tua tidak akan mampu lagi membimbing anaknya dalam semua persiapan hidupnya. Mereka membutuhkan jas orang untuk semua persiapan itu. Di dalam masyarakat guru adalah waarga yang diinginkan sebagai pemberi inspirasi, penggerak dan pelatih dalam penguasaan kecakapan tertentu bagi anak warga agar siap membangun hidup beserta lingkunga sosialnya.

Secara etimologi , istilah profesi berasal dari bahasa inggris "profession" yng berakar dari bahasa latin "profeus" yang artinya "mengakui" atau 'menyatakan mampu" atau "ahli dalam suatu bentuk pekerjaan".

Secara semantik profesi adalah suatu jabatan atau pekerjaan yang menuntut keahlian (expertise) dari para anggotanya artinya pekerjaan itu tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang yang tidak terlatih tau tidak disiapkan secara khusus untuk melakukan pekerjaan tersebut

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

tinggalkan komentar anda di sini
Thanks b_4